Mengapa Mamil Selalu Ngidam?

Elizabeth Somer, ahli gizi dan penulis buku Nutrition for a Healthy Pregnancy mengatakan, penyebab mamil ngidam, separuhnya adalah perubahan drastis kadar hormon estrogen dan progesteron, sedangkan separuhnya lagi belum diketahui pasti pemicunya, bisa juga karena sugesti. Perubahan hormon ini jugalah yang menyebabkan perempuan yang memasuki masa menopause mengalami gejala mirip ngidam. Perubahan hormon membuat tubuh bekerja lebih keras untuk beradaptasi.

Baca juga : kerja di Jerman

Salah satu efeknya, indra pengecap dan penciuman menjadi lebih sensitif. Ketika mual menyerang, otomatis mamil akan mencari penawar dengan menyantap makanan yang cita rasanya cenderung asam atau pedas. Sementara, herbalis dari San Fransisco, Cynthia Belew, mengatakan, ngidam adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh mengenai zat gizi yang kita perlukan. Misal, jika tubuh kekurangan mineral magnesium, mamil akan ngidam cokelat atau makanan lain yang tinggi magnesium, seperti gandum, kacangkacangan, atau salad berisi sayur-sayuran hijau.

Mamil yang kekurangan protein akan ngidam makanan berbahan daging. Jadi, jika Mama ngidam makanan pedas asam berupa rujak, ada kemungkinan tubuh Mama kekurangan satu atau lebih vitamin yang terdapat di dalam buah yang Mama ingin makan. Belew juga mengatakan, pasien-pasiennya yang terdiagnosis kekurangan asam amino, ngidam-nya hilang setelah mengonsumsi minyak ikan. Judith Brown, penulis buku What to Eat Before, During, and After Pregnancy setuju bahwa ngidam bisa jadi merupakan sinyal tubuh untuk menjadi lebih sehat demi janin.

Brown mengacu pada keengganan mamil yang tadinya suka sekali minuman bersoda dan alkohol, kemudian menjadi tidak suka setelah hamil. Namun, Somer tidak sependapat dengan Belew dan Brown. “Tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa ada hubungan antara ngidam dengan kebutuhan nutrisi. Kalau memang demikian, artinya mama hamil akan ngidam brokoli dan sayuran lain, bukan ngidam cokelat atau cabai atau asam,” kata Somer. Walau berbeda pendapat, para ahli setuju, mamil yang sedang ngidam termasuk ngidam makanan pedas dan asam boleh nuruti keinginannya itu dalam kadar moderat namun tidak melupakan menu makanan sehat yang lainnya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *