Tips Memilih Kursus Bahasa Jerman

Memilih kursus bahasa Jerman  bagi pemula memang gampang-gampang susah, gampang karena banyak kursus bahasa Jerman di semua kota-kota besar di Indonesia.

Sementara dikatakan susah karena tidak semua kursus bahasa Jerman menawarkan kualitas yang mumpuni, namun Anda tak perlu khawatir karena saat ini ada tempat kursus Studiva.

Artikel ini ditulis agar anda, baik pemula atau mahasiswa yang sedang menjajaki program kursus bahasa Jerman agar bisa memilih lembaga kursus bahasa Jerman yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Secara umum kursus kursus bahasa Jerman yang ditawarkan di kota kota besar memiliki kurikulum pembelajaran yang berbeda-beda, terlebih perbedaan antara kursus bahasa Jerman dengan sistem konvensional di kelas, dengan juga kursus bahasa Jerman dengan sistem privat, tentua ada perbedaan mendasarnya bukan. 

Nah, jika anda ingin memilih kursus bahasa Jerman yang berkualitas dan berdampak positif bagi kemampuan bahasa Jerman anda, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah disesuaikan dengan kebutuhan keilmuan anda. Maksudnya begini, jika anda membutuhkan kemampuan berbahasa Jerman untuk berkuliah di Jerman atau bekerja di Jerman , maka mengambil kursus bahasa Jerman secara intensif adalah hal yang berkualitas. 

Dengan mengambil kursus bahasa Jerman secara intensif selama tiga hingga enam bulan, maka dampak peningkatan kualitas bahasa Jerman anda akan terlihat cepat dan efektif. Hal ini jika anda memfokuskan kursus bahasa Jerman saja tanpa bekerja, dan tanpa menyibukkan diri dengan kesibukan lain. Lalu bagaimana jika mempunyai kesibukan lain?

Nah, untuk menyesuaikan dengan kesibukan anda, anda bisa mengambil kursus bahasa inggris dengan sistem part time. Part time ini dimaksudkan kursus dengan jadwal tidak seketat full time.

Anda bisa mengikuti kursus bahasa Jerman tiga kali seminggu saja, atau bahkan hanya dua kali seminggu. Tetapi perlu diingat dengan mengikuti kursus bahasa Jerman dengan sistem part time tentunya akan membuat kemampuan berbahasa Jerman anda agak lambat. 

Selanjutnya, untuk anda yang sangat sibuk bisa menggunakan sistem kursus bahasa Jerman berbentuk privat.

Privat ini biasanya diadakan malam hari atau hari sabtu dan minggu saja. Kelebihan sistem privat adalah waktunya sangat flexible dan mudah diatur, sementara kelemahan utamanya adalah perkembangan berbahasa Jerman anda bisa jadi lebih lambat. 

Selanjutnya, ada beberapa tips dan strategi dalam memilih kursus bahasa Jerman yang berkualitas. Setidaknya jangan sampai anda membeli kucing dalam karung, mengeluarkan uang banyak tetapi tidak mendapatkan hasil apapun. Nah, berikut beberapa tips dan strategi dalam memilih kursus bahasa Jerman berkualitas:

Pertama, jangan terpukau dengan harga murah atau terlalu wow dengan harga tinggi. 

Kursus bahasa Jerman yang terlalu murah biasanya juga menawarkan kualitas alakadarnya, sementara kursus bahasa Jerman yang terlalu mahal juga bisa jadi hanya ladang bisnis semata tanpa ada kualitas.

Anda perlu cari pertimbangan-pertimbangan lain, misal dari testimoni atau datang langsung ke lokasi. 

Kedua, pelajari program-program yang ditawarkan dalam kursus bahasa Jerman yang akan anda ikuti. Tidak semua program menawarkan hasil akhir tes ujian bahasa Jerman . Ada beberapa kursus bahasa Jerman yang menawarkan pengayaan (semacam pengenalan) dengan sistem bertingkat, ada juga yang langsung full menyiapkan pembelajaran sampai akhir dengan ujian bahasa perancis bersertifikat. 

Ketiga, pelajari langsung kursus bahasa perancis yang akan anda ikuti mengenai tutor-tutornya. Jika anda ingin kualitas yang bagus, bisa mencari kursus bahasa perancis yang menyediakan tutor langsung native speaker.

Sementara bagi anda yang ingin kualitas biasa-biasa aja, maka tutor lokal atau mahasiswa juga tidak masalah, semuanya kembali kepada anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *