Selama Bersepeda

• Jika bersepeda di luar ruangan, lebih baik di lingkungan yang sudah Mama kenal sehingga bisa menghindari jalanan yang berbatu dan bisa bersiap-siap sebelum menghadapi jalan menanjak atau banyak turunan untuk menghindari goncangan.

• Gunakan heart rate monitor untuk memantau denyut jantung Mama selama berolahraga. Berhentilah bersepeda bila detak jantung Mama tinggi. Kalau detak jantung Mama tinggi, detak jantung janin akan lebih tinggi lagi. Ini perlu dihindari karena detak jantung yang bergerak dengan cepat dalam waktu lama dan berulang-ulang bisa membuat janin tidak tenang, bahkan dapat mengancam keselamatan janin.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

• Pertahankan posisi tegak saat bersepeda dan tidak terlalu condong ke depan untuk menghindari tekanan pada bagian perut. Untuk mamil, bersepeda baiknya dilakukan dalam posisi lebih tegak atau dapat menggunakan sepeda dengan jok yang memiliki sandaran agar Mama bisa duduk tegak dengan nyaman. Posisi jok sepeda juga bisa diturunkan jadi setang kemudi sepeda menjadi lebih tinggi dari sadel agar menghindari posisi membungkuk. • Tetap terhidrasi dengan cara cukup minum selama olahraga. Sangat disarankan untuk membawa sendiri air mineral selama berolahraga sehingga tidak kesulitan ketika dehidrasi .

• Hindari bersepeda di tempat panas untuk menghindari dehidrasi, kelelahan, atau heat stroke (kondisi mengancam dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 40°C). Gunakan waktu untuk bersepeda pada cuaca yang tidak terlalu panas atau ketika sinar matahari sedang tidak terik. • Lakukan bersepeda selama 30 menit. Namun, bagi mamil yang belum biasa bersepeda, durasinya dapat ditingkatkan secara bertahap setiap minggu dari 10 menit sehari sampai akhirnya mencapai target 30 menit sehari.

• Bila Mama merasa lelah atau pusing saat bersepeda, ambil waktu untuk istirahat hingga keadaan normal kembali. Dengarkan sinyal dari tubuh Mama, ya. Jika tubuh sudah tidak sanggup bersepeda lagi, sebaiknya langsung hentikan. • Untuk menjaga tubuh tetap bugar, baiknya mamil bersepeda setiap hari. Tetapi, jika merasa kesulitan untuk berolahraga setiap hari, setidaknya masih bisa tetap aktif berolahraga, misalnya dengan bersepeda minimal 3 kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *